Sabtu, September 19, 2009

Kematian Noordin Jadi Headline Media Malaysia " Mendagri Malaysia Menyesal Noordin M Top Tewas"

Berita tewasnya gembong teroris nomor 1 di Asia Tenggara, Noordin M Top, menjadi headline berbagai surat kabar di negara asal teroris tersebut, Malaysia. Dua surat kabar terbesar di Malaysia, Utusan Malaysia dan Berita Harian, menempatkan berita kematian Noordin di halaman depan.

Surat kabar Utusan Malaysia edisi Jumat (18/9) menuliskan dengan judul besar “Noordin Letupkan Diri.” Di bawahnya terdapat gambar besar Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri (BHD) yang tengah menunjukkan sidik jari Noordin dalam jumpa pers yang digelar di Mabes Polri kemarin.

Berita dalam koran harian tersebut diawali dengan tulisan dalam bahasa Malaysia berbunyi “pengganas nomor 1 Asia Noordin M Top terbunuh dalam satu serbuan polisi ke atas tempat persembunyian kumpulan militan Jemaah Islamiah (JI) di Solo, Jawa Tengah, pagi kemarin.”
Sedangkan Berita Harian menurunkan judul headline “Noordin Terbunuh” di atas gambar besar polisi yang membawa peti jenazah Noordin. Koran itu menuliskan, “Militan paling dikehendaki di Asia Tenggara, Moordin Mohammad Top yang diburu pihak berkuasa Indonesia selama sembilan tahun, ditembak mati di sebuah rumah bersama pakar bomnya di pekan Solo, Jawa Tengah, pagi semalam.”

Bahkan halaman website kedua surat kabar tersebut secara intensif terus memberitakan perkembangan seputar kematian Noordin dan kelompoknya sejak kemarin.
Harian berbahasa Inggris, News Straits Times menurunkan tulisan dalam judul besar “Terror Mastermind Noordin Mohammed Top Dead in Raid”. Harian berbahasa Inggris lainnya, The Star, menurunkan judul “Noordin Top Gunned Down in Ambush.”

Polisi berhasil menembak mati Noordin bersama 3 teroris lainnya, yakni Bagus Budi Santoso alias Urwah, Ario Sudarso alias Aji, dan Hadi Susilo alias Adib, dalam penyergapan selama lebih kurang 9 jam di Solo, Jawa Tengah. Noordin sendiri telah menjadi buron polisi selama 9 tahun.
Pemerintah Malaysia melalui Menteri Dalam Negeri Malaysia Datuk Seri Hishammuddin Tun Hussein mengatakan akan memproses kepulangan jenazah Noordin secepatnya ke Malaysia. “Kita akan bersama-sama keluarganya (Noordin) menguruskan jenazahnya dan akan berbincang untuk memilih wakil keluarga bagi menerima dan mengurus jenazah di sana (Indonesia),” kata Hishammuddin seperti dikutip dari Bernama kemarin.

Mendagri Malaysia Menyesal Noordin M Top Tewas
Menteri Dalam Negeri Malaysia, Datuk Seri Hisha­mmuddin Tun Hussein merasa sedih saat mendengar berita tewasnya teroris paling dicari, Noordin M Top. Dia menyesalkan mengapa Noordin tidak dikirim ke lembaga pemasyarakatan untuk direhabilitasi.
“Apa yang dia lakukan memang salah. Kita tidak bisa memaafkan perbuatannya selama ini. Saya sedih mengapa kita tidak merehabilitasinya, seperti yang kita lakukan dengan yang lain, termasuk militan Jamaah Islamiyah,” ujar Hisha­mmuddin, seperti dilansir The Star.

“Saya sedih karena hidup sangatlah berharga,” tambahnya.
Hishammuddin mengatakan, pemerintah Indonesia akan membantu keluarga Noordin untuk membawa kembali jenazahnya ke Malaysia. Hal itu dilakukan setelah aparat setempat menyelesaikan penyelidikannya.

Dikatakan dia, identitas Noordin telah dipastikan melalui sidik jarinya. Tapi tes DNA masih dilakukan untuk meyakinkan hasilnya.

Hishammuddin menjelaskan, Malaysia memang bekerja sama dengan semua pihak, termasuk Indonesia, terkait kejahatan antar negara. Namun, dia menegaskan Malaysia tidak terlibat dalam penggerebekan yang dilakukan kepolisian Indonesia kemarin.


Share/Save/Bookmark

Tidak ada komentar:

Posting Komentar