Sabtu, Oktober 31, 2009

Api Olimpiade Musim Dingin Lintasi Kanada

Warga Kanada untuk pertama kali menyaksikan kedatangan api Olimpiade saat rombongan pembawa api itu mendarat di Victoria, Kanada yang menandai dimulainya secara resmi pawai obor Olimpiade 106 hari menuju Olimpiade Musim Dingin Vancouver dengan melintasi negara kedua terbesar di dunia itu.

Ini untuk pertama kali obor api Olimpiade itu berada di tanah Kanada lagi sejak 1988 ketika Calgary menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingan dan pembawa obornya adalah atlet peraih medali emas dari Olimpiade itu, seorang peselancar es Catriona Le May Doan, yang menjadi perempuan atlet pertama pembawa obor Olimpiade.

Pesawat jet militer Kanada yang membawa api Olimpiade tersebut tiba terlambat 90 menit di Bandara Internasional Victoria International Airport dengan membawa rombongan 75 orang, termasuk para pejabat Olimpiade, politisi, pejabat pemerintah serta wartawan.

Penerbangan selama 14 jam dari Yunani termasuk persinggahan sebentar di Eslandia sebelum mendarat di ibukota British Columbia, Victoria, 69 kilometer sebelah baratdaya Vancouver.

"Olimpiade menjadi semacam inspirasi bagi seluruh negeri dan merupakan momen Kanada di tingkat dunia untuk mempertunjukkan semua hal yang bagus yang kami miliki sebagai orang Kanada," kata Perdana Menteri Kanada Stephen Harper

Pawai obor Olimpiade sejauh 45.000 kilometer tersebut akan membawa api itu melintasi Kanada melalui jalan air, darat dan udara sebelum tiba Vancouver yang akan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2010 pada 12-28 Februari mendatang.

Api tiba di Kanada dalam sebuah lampu pekerja tambang dan dibawa turun oleh Walikota Vancouver Gregor Robertson. Ketika ia sampai di landasan pacu ia menaruhnya secara hati-hati di landasan parkir pesawat selama beberapa detik sebelum mengambilnya kembali.

"Victoria adalah kota pertama Kanada yang dikunjungi api Olimpiade ini dan kami masih harus membawanya melintasi Kanada. Inilah saatnya untuk menyinari negeri kami," ujar Robertson.

Selain itu, ada pula acara mengheningkan cipta sejenak bagi Jack Poole, mantan ketua panitia Vancouver yang meninggal dunia pekan lalu beberapa saat menjelang api tersebut disulut di Olympia, Yunani.

Iring-iringan obor itu akan dimeriahkan oleh sebanyak 12.000 pembawa obor sebelum api mencapai kaldron Olimpiade di Vancouver.

Pada upacara di luar ruang di bandara itu, Robertson kemudian menyerahkan api kepada Menteri Besar (Premier) propinsi British Columbia Gordon Campbell.

"Ini lah awal dari apa yang disebut saat yang luar biasa bagi Kanada. Tugas kami sekarang adalah merefleksikan semangat dari api ini ke dalam hati semua warga Kanada," ujar Campbell.

Atlet lain yang akan bergabung dengan Le May Doan sebagai pembawa obor pertama adalah Victoria Simon Whitfield yang memperoleh medali emas pada Olimpiade Musim Panas Sydney tahun 2000.

Api tersebut diperkirakan tidak akan padam namun ironisnya hal itu pernah terjadi pada pawai obor di Kanada menjelang Olimpiade Musim Panas 1976 di Montreal. Seorang petugas pembawa obor terpaksa menyalakan obor itu lagi dengan menggunakan pemantik api untuk rokok.

Pada saat api itu nanti tiba di BC Place Stadium pada 12 Februari 2010, api itu diperkirakan akan sudah mengunjungi lebih dari 1.000 warga Kanada dan telah melakukan perjalanan ke belahan utara terjauh bumi dalam sejarahnya.


Share/Save/Bookmark

Tidak ada komentar:

Posting Komentar