Jumat, Oktober 09, 2009

Facebook Jadi Media Kampanye Pilkada Medan

Sejumlah tokoh yang kerap disebut akan bertarung memperebutkan kursi walikota Medan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2010 memutuskan menggunakan Facebook sebagai media kampanyenya.

Mereka menyebarkan undangan bergabung di situs jejariang mereka, diantaranya Sekretaris Daerah Kota Medan, Dzulmi Eldin, dengan nama grup "Bang Dzulmi Eldin The Right Man for Kota medan".

Tokoh lainnya Safwan Khayat (mantan Kasatlantas Kota Medan) dengan nama grup,"Pendukung Drs Safwan Khayat M Hum" yang sudah beranggotakan 97 anggota dengan nama pendiri Hafit NIe.

Para pendukung Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Bahdin Nur Tanjung juga tak ketinggalan dengan membuat grup "Bahdin Nur Tanjung untuk Walikota Medan 2010-2015".

Ada sebanyak 111 anggota yang tergabung dalam grup yang di dalamnya juga berisi catatan diskusi, selain pesan dinding yang berupa dukungan kepada Bahdin untuk maju pada Pilkada medan 2010.

Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Medan Aulia Andri mengatakan, kampanye melalui Facebook berperan dalam mendongkrak popularitas tokoh terutama di kalangan muda.

Menurut dia, memperkenalkan diri melalui FB juga sama fungsinya dengan memasang baliho ataupun spanduk, namun bisa keluar dari sasaran masyarakat yang dituju.

"FB diakses oleh semua orang bukan hanya warga Medan sehingga tidak bisa dijadikan untuk ukuran dalam menentukan seberapa besar pengaruhnya terhadap diri kandidat," katanya.


Share/Save/Bookmark

Tidak ada komentar:

Posting Komentar