Rabu, November 04, 2009

Dukung Bibit-Chandra, Gelombang Protes di Pusat dan Daerah Terus Berlanjut

Gelombang protes dan kecaman terhadap langkah kepolisian yang menahan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi nonaktif, Bibit S Rianto dan Chandra M Hamzah, diteriakkan berbagai elemen masyarakat di Tanah Air. Protes berupa pernyataan dan unjuk rasa itu, Senin (2/11), antara lain terjadi di Jakarta, Kota Solo di Jawa Tengah, Cirebon dan Majalengka di Jawa Barat, Banda Aceh di Nanggroe Aceh Darussalam, Medan di Sumatera Utara, dan Padang di Sumatera Barat.

Di Jakarta, ratusan peserta unjuk rasa dari Cintai Indonesia Cintai KPK beraksi di Bundaran Hotel Indonesia dan depan Istana Negara. Mereka mendesak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberhentikan Kepala Polri Jenderal (Pol) Bambang Hendarso Danuri dan Kepala Badan Reserse Kriminal Susno Duadji dari jabatannya.


Di antara orator, ada pengamat politik Eep Saefulloh Fatah dan Yudi Latif. ”Aksi ini bentuk kemuakan publik atas perlawanan tindakan antikorupsi,” ucap Fadjroel Rachman, aktivis yang juga berunjuk rasa.

Dosen Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Saifuddin Bantasyam, di sela-sela diskusi di Kantor Forum LSM Aceh di Banda Aceh mengatakan, menguatnya dukungan terhadap keberadaan KPK sebagai lembaga antikorupsi harus diterima sebagai kehendak masyarakat yang sudah tidak bersimpati terhadap kinerja polisi.

Share/Save/Bookmark

Tidak ada komentar:

Posting Komentar