Selasa, Februari 02, 2010

Diknas Imbau Sekolah Tidak Pungut Biaya UN

Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) mengimbau agar setiap sekolah yang akan melaksanakan Ujian Nasional (UN) tidak melakukan pungutan biaya kepada siswanya.

"Kami mengimbau agar setiap sekolah di wilayah ini tidak melakukan pungutan biaya dalam pelaksanaan UN kepada siswa,"kata Kepala Bidang Pendidikan Menengah Diknas Kabupaten Mamuju, Murniani di Mamuju, Sabtu.

Dia mengatakan itu, menyusul adanya laporan di sejumlah sekolah telah melakukan pungutan untuk biaya pelaksanaan UN kepada sejumlah siswanya.

"Tidak boleh lagi ada pungutan karena UN dibiayai negara dan telah ada anggarannya, jadi kami minta sekolah tidak lagi melakukan pungutan,"katanya.

Ia mengatakan, pungutan untuk UN hanya bisa dilakukan sejumlah Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) yang akan mengujikan mata pelajaran kompetensi.

"Biaya UN yang boleh dipungut hanyalah biaya ujian untuk mata pelajaran kompetensi pada sekolah SMK karena anggarannya tidak ditanggung negara sedangkan mata pelajaran UN lainnya yang akan digelar tidak boleh ada pungutan,"katanya.

Menurut dia, jika ada sekolah melakukan pungutan terhadap siswa maka akan diberikan sanksi sesuai aturan yang berlaku karena itu adalah sebuah pelanggaran.

UN di Mamuju akan dikuti sekitar 8.111 orang siswa terdiri atas siswa SMK,SMA,MAN, SMP dan MTSN, dari sekitar 1887 yang ada pada sekolah tingkat SMA, sekitar 666 orang untuk siswa SMK, dan sekitar 593 orang untuk siswa MA.

Kemudian sekitar 4219 siswa untuk SMP dan Madrasah Tsanawiah sekitar 746 siswa.

Siswa tersebut akan mengikuti ujian UN pada sekitar 60 sekolah di Mamuju diantaranya sekolah SMU sebanyak 10 unit, SMK sebanyak enam unit, dan MAN sebanyak lima unit, selain itu terdapat pada sekitar 31 sekolah tingkat SMP dan sekitar delapan unit sekolah tingkat Tsanawiah.

Sedangkan jadwal UN di Mamuju untuk tingkat sekolah tingkat SMA, SMK, dan MAN akan digelar pada tanggal 22 Maret sampai 25 Maret 2010 kemudian sekolah SMP, dan Madrasah Tsanawiah akan dilaksanakan pada tanggal 29 Maret sampai 1 April 2010.

Share/Save/Bookmark

Tidak ada komentar:

Posting Komentar