Minggu, November 29, 2009

Sayembara Maskot SEA Games Sepi Peminat

Sayembara maskot SEA Games XXVI tahun 2011 yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel), sepi peminat.

Meskipun, panitia telah memperpanjang pendaftaran sayembara itu dari semula berakhir 11 November 2009 menjadi 10 Desember 2009, tak juga menambah minat masyarakat untuk ikut serta, kata Wakil Ketua Biro Humas KONI Sumsel Asdit Abdullah di Palembang, Minggu.

"Sejak dibuka tanggal 12 Oktober lalu, hanya beberapa buah desain yang masuk ke panitia. Hingga saat ini setelah diperpanjang waktu perdaftarannya, desain yang diterima panitia tetap belum mencapai puluhan," kata Asdit.

Dia mengatakan, pihak pantia belum menentukan pemenang karena menilai desain yang diterima belum layak untuk ditetapkan sebagai pemenang.

"Diakuinya, banyak masyarakat tidak tahu ada sayembara ini, terutama para seniman di Palembang. Penambahan waktu pendaftaran beberapa waktu lalu diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada seniman untuk berpartisipasi dan menyiapkan sebuah desain yang bagus," ujar dia.

Maskot SEA Games yang dikehendaki adalah yang dapat mencerminkan esistensi dan budaya Sumatra Selatan (Sumsel). Layaknya, maskot harimau yang digunakan Sumsel pada saat menjadi tuan rumah di PON XVI tahun 2004.

"Sumsel adalah satu dari empat provinsi yang dipercaya sebagai tuan rumah SEA Games dan membutuhkan maskot sendiri yang setidaknya bercirikan Sumsel," kata Asdit.

Dia menerangkan, Maskot SEA Games yang nantinya terpilih harus memenuhi beberapa kriteria dan persyaratan, seperti visualisasi dari seni grafis dalam bentuk huruf dan gambar, serta warna harus mencerminkan makna dan tujuan penyelenggaraan SEA Games di Sumsel.

Maskot juga merupakan ide dan karya asli dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya.

Selain itu, maskot yang dibuat harus mudah dikenal (komunikatif) dan mengikuti perkembangan zaman.

"Setiap peserta harus menyertakan penjelasan secara lengkap yang meliputi makna dan filosofi maskot dibuat, beserta arti warna digunakan," kata dia.

Dia menjelaskan, sayembara ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya, sehingga setiap peserta harus melampirkan identitas diri secara lengkap beserta surat pernyataan resmi.

Panitia pelaksana juga menyediakan total hadiah Rp15 juta kepada pemenang dengan rincian, Juara I Rp7,5 djuta, Juara II Rp5 juta, dan Juara ke-III Rp2,5 juta.

"Masih ada waktu kurang lebih sepuluh hari hingga pendaftaran ditutup, diharapkan masyarakat dapat berpartisipasi dengan memanfaatkan sisa waktu yang ada," ujar dia.


Share/Save/Bookmark

Tidak ada komentar:

Posting Komentar